<BGSOUND src='http://gudanglagu.com/lagu-nasyid/raihan/raihan-demi-masa.mp3'></BGSOUND>

Laman

Kamis, 15 Maret 2012

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN DAN WIRAUSAHA

Dalam posting kali ini saya akan memaparkan tentang pengenalan kewirausahaan. Kita akan mengetahui pengertian dari kewirausahaan dan wirausaha. Keep calm and learn on. :)

Apa sih kewirausahaan itu?

Kewirausahaan atau entrepreneurship berasal dari bahasa Perancis, yaitu Perantara.

Kewirausahaan secara umum adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi.

Selain itu, ada juga pengertian kewirausahaan dari beberapa para ahli, yaitu:

  • Harvey Leibenstein (1968, 1979): Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
  • Penrose (1963): Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.

Lalu selain kita mengetahui pengertian dari kewirausahaan, kita juga harus mengetahui istilah kata dari kewirausahaan. Next..

Apa yang dimaksud dengan wirausaha?

Istilah kewirausahaan berasal dari kata wirausaha. Kata wirausaha merupakan gabungan dua kata yang menjadi satu yaitu kata wira dan usaha. Wira artinya pahlawan, laki-laki, sifat jantan, perwira. Usaha artinya perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya atau kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu.

Wirausaha secara umum adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi. Oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar.

Definisi wirausaha usaha menurut beberapa ahli, sebagai berikut:

  • (Raymond W.Y. Kao) -Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

  • (Richard Cantillon) -Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.
  • (Schumpeter) -Wirausaha merupakan inovator yang tidak selalu menjadi inventor (penemu).

  • (Syamsudin Suryana) -Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.
  • (Prawirokusumo) -Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

Sekian posting untuk tugas softskill kali ini tentang pengenalan kewirausahaan. Mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Semoga bermanfaat dan terima kasih. :)

Sumber :

wikipedia.com

carapedia.com

10 komentar:

  1. Istilah kewirausahaan berasal dari kata wirausaha. Kata wirausaha merupakan gabungan dua kata yang menjadi satu yaitu kata wira dan usaha. Wira artinya pahlawan, laki-laki, sifat jantan, perwira. Usaha artinya perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya atau kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu.

    Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

    BalasHapus
  2. https://bit.ly/takipci-satin-alin

    BalasHapus